Thursday, August 9, 2012

Migration

Malem...

Gue lagi libur kuliah... dan gue juga ga ada kerjaan lain selain stalking timeline gebetan. Saking ngga ada kerjaan banget, tetiba gue ingat hari ini tanggal 9 Agustus 2012 dan gue pun ingat kalo hari ini juga tepat 3 tahun gue nyari makan di Jakarta Raya ini.

Cerita bermula dari pengumuman penempatan lewat internet. Hari itu hari Jumat, 7 Agustus 2009. Status gue masih seorang Trainee di kantor idaman, kenapa kantor idaman? karena tinggal ngesot doang dari rumah. 15 menit nyampe tanpa macet dan polusi. Yak.. Blitar adalah kota yang damai sampai-sampai ngga ada mol dan bioskop yang tumbuh disana.Dan itu istimewanya :D, love you... BLITAR BUMI BUNG KARNO!! <(@_@)9 *sampe disini aja alay nya*

Penyakit malas gue kambuh, gue bolos kantor, gue tidur-tiduran ayam di rumah, jelas... gue belum mandi juga. Waktu menunjukkan pukul 11.00 WIB. Gue dapet telfon dari salah satu pegawai kantor kalo udah penempatan. Seperti kilatan petir, gue penempatan dapet Jakarta. GILAK NGGA SIH? gue... iya gue.. anak semata wayang, udah pede kalo bakalan dapet kota Malang, ternyata bakalan mengais rejeki di kota metropolitan sendirian... gue nangis.

Gue nangis sampe jam 5 sore. Nangis gue makin menjadi setelah telfon ke kantor Jakarta, gue diminta hari Senin udah lapor menghadap kasubag kepegawaian. GILAK KUADRAT!!! Hari itu hari Jumat men, tinggal Sabtu, Minggu, dan udah Senin. Ya kalo di kampung gue ada bandara. Stasiun kotanya aja cuman dilewatin 1 kereta ekonomi dan 1 kereta eksekutif jurusan Jakarta sehari sekali. Gue pasrah. Untung bokap punya kenalan calo tiket. Akhirnya gue dapet 2 tiket kereta eksekutif buat hari Sabtu, 1 tiket buat gue, 1 tiket buat bokap. *cium pipi bokap*

Masalahnya ngga cuman soal tiket. Tapi... GUE DI JAKARTA TINGGAL DIMANA? Modal SKSD, gue nge-message facebook kakak kelas 3 tahun diatas gue yg udah setahun tinggal di Jakarta. Gue belum pernah kenal, tahu ataupun ngobrol. Tapi pada akhirnya gue dapet nomor telfonnya, muehehee.... Dan bisnispun dimulai. Gue dapet kost. Alhamdulillah...

Eitss... gue kan ga tau Jakarta, pun bokap gue. Arah mata angin juga ga paham. Gue minta kakak kelas tadi buat jemput minggu pagi di stasiun Gambir. Dan mujurnya gue, dia mau. Mungkin karena kebaikannya ke gue, sekarang istri kakak kelas tadi cantik. Kalo mau istri dan suami kalian cantik dan ganteng, baik-baik lah ke gue. InsyaAlloh... *muehihihihii...*

Gue berangkat cukup dengan 1 koper ukuran sedang. gue bawa 5 stel baju kerja dan 2 setel piyama. 5 stel baju kerja karena gue kerja 5 hari seminggu, 2 stel piyama karena kalo piyama satu dicuci gue masih bisa pake piyama satunya. Pikiran gue masih simple waktu itu. Maklum masih 19 tahun.


Ilustrasi doang, bukan gue apalagi bokap gue -_-"


Tepat pukul 10.30 WIB hari Minggu tanggal 9 Agustus 2009, gue nyampe di stasiun Gambir. Gue panik. Gue terlanjur bilang ke kakak kelas kalo gue nyampe pukul 08.00 WIB karena di tiket tertulis 07.30 WIB, gue udah ngasih excuse . Pastinya kakak kelas gue yang baik hati itu nungguin gue sama bokap dari jam 8. Waktu itu PT KAI masih hobby nge-PHP-in customernya. Janjinya selalu palsu. Sekarang juga sih -_-". Karena ngga enak sama kakak kelas, gue minta ke kosan naik taksi aja. Rasa 'ngga enak' gue semakin menjadi setelah taksinya dibayarin sama kakak kelas. Ya Tuhan... Lucky me!!! \(*__*)/ mental gratisan.

Entah apa karena bokap gue ngga kerasan sama panasnya Jakarta, atau karena ngga mau tinggal di kost yang lebih mirip kotak pensil daripada kamar. Sempit mamen. Beliau bilang ke gue kalo sore nanti bakalan balik ke Blitar. Karena gue cukup punya gengsi tinggi. Gue iyain. Padahal dalem hati gue ketakutan setengah mati tinggal di kotak pensil baru itu. >.<

Hari pertama gue di Jakarta, gue merasa asing, ngga nyaman, udaranya bauk, kotor, banyak tikus di got. Beda 180 derajat sama lingkungan gue di rumah. bersih, ngga ada got, udaranya wangi, angin sejuk semilir. Malem hari gue nangis. Semaleman gue nangis. Masih ngga percaya kalo gue bakalan tinggal di Jakarta buat waktu yang cukup lama.

Beberapa menit lagi gue bakalan menginjak tahun keempat mengais rejeki disini. Iya tahun keempat kalo dianalogiin sama anak SD gitu mereka udah dapet pelajaran IPS. Gue? Apa yang gue dapet setelah 3 tahun di Jakarta? Entahlah... Gue cuman merasa kalo sifat dasar gue ngga berubah. Gue masih ngga bisa egois ke orang lain seperti kebanyakan orang Jakarta. Gue masih bisa menjaga perasaan orang lain. Dan gue masih berusaha berbuat baik ke orang lain, meskipun kadang pahit juga balesannya. *agak curcol* hihihii... Whatever-lah... gue masih inget kata-kata temen gue tadi siang. Kurang lebih seperti ini "Berbuat baik ke orang lain itu akibatnya bukan buat orang lain itu, tapi buat diri sendiri" intinya sih ya, kalo kita berbuat baik sama orang lain, pasti akan dapet balesan meskipun bukan dari orang yang kita tolong. Contohnya seperti gue pas pertama kali dateng ke Jakarta. Gue dikasih kemudahan dalam segala hal. Telepas gue nangis tengah malem. Itu karena gue masih pengen nyium ketek mama aja pas tidur.

Malem ini gue agak waras. Makanya gue ngebagi sedikit pengalaman gue yang sedikit agak waras juga. Umm... Bye bye...

Nawaitu shoumagodin an adai fardhusahri romadhona hadihisanati lillahi ta'ala... *baca sekarang soalnya sering ketinggalan sahur*

Wassalam ;)





No comments:

Post a Comment